22 Februari 2013

Si Lesung Pipi, Cacat yang Menawan

Coba sebutkan satu hal yang identik dari wajah Virna Yup, dua buah lesung pipi bertengger manis melengkapi senyum anak cantik satu itu. Lesung pipi atau lesung pipit merupakan ciri fisik pada wajah yang hadir secara permanen di pipi atau dagu, terlihat sementara saat seseorang berbicara atau tersenyum.
Ada sebagian orang yang beranggapan lesung pipi membuat wajah pemiliknya terlihat lebih menarik. Nah, karena tak semua orang memiliki lesung pipi, ada baiknya kamu tahu apa sih penyebab seseorang punya lesung pipi ? Apakah penyebabnya faktor genetik atau pengaruh asupan gizi saat janin masih dalam kandungan?
Yup, ciri fisik berupa lesung pipi ini dipengaruhi faktor genetik. Diperlukan gen lesung pipi dominan agar keturunan berikutnya pun memiliki lesung pipi. Anak-anak yang terlahir dari salah satu orang tua dengan lesung pipi punya kemungkinan sebesar 25 hingga 50 persen berlesung pipi.
Eniwei, kendati lesung pipi dianggap makin membuat wajah si pemiliknya terlihat menawan, kamu harus tahu kalau lesung pipi itu sebuah kecacatan otot, lho. Menurut makalah yang diterbitkan jurnal Clinical Anatomy tahun 1998 karya Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center, lesung pipi disebabkan oleh kecacatan otot zygomaticus utama.
Yup, lesung pipi muncul akibat otot zygomaticus utama lebih pendek daripada ukuran semestinya atau otot ini terbelah menjadi dua. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya lekukan pada pipi. Seseorang dengan anatomi wajah seperti ini (otot zygomaticus tak normal) saat tersenyum, otot-otot yang lebih pendek dari wajahnya menyebabkan kulit wajahnya tertarik, lalu menciptakan sedikit cekungan di kulit. Pada posisi diam, otot pipi tidak mengalami penarikan, maka lesung pipi tidak terlihat.
Memudar
Nah, ada juga beberapa orang yang hanya memiliki lesung pipi saat masih anak-anak atau masih muda lantaran seiring waktu otot wajah akan semakin meregang, jadi lesung pipi akan memudar atau hilang.
Dan, perlu kamu tahu juga, kalau lesung pipi ini ada yang tidak permanen. Mereka yang ''tiba-tiba'' memiliki lesung pipi ini akibat kehadiran lemak berlebih pada wajah. Lesung pipi yang demikian itu indikator kesehatan yang kurang baik. Tapi jangan khawatir, karena lesung pipi yang seperti itu tidak permanen, maka akan lenyap ketika lemak berlebih hilang berkat diet atau perubahan pola makan.
Setelah tahu jenis-jenis lesung pipi, sekarang coba tebak, lesung pipi punya Virna Astari ini asli atau gak :p

4 komentar: